Thursday, February 19, 2015

Libur dan Semester 4

Akhirnya, tak terasa semester 3 udah beres aja. Sehari selepas UAS gw langsung kembali ke Bogor rame2 naik kereta bersama teman-teman. Yap, perjalanan pertama gw dengan kereta api Matarmaja. Perjalanan pulang memang selalu menyenangkan, apalagi gw udah menyiapkan to-do list buat liburan ini. Ga muluk-muluk, gw akui liburan semester 3 ini sederhana saja, bahkan terbilang singkat. Singkat karena kali ini gw mengisi liburan dengan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, bahkan ditengah liburan ada ujian OSCE. Lho, sejak kapan gw rela liburan gw dipake buat kegiatan kyk gitu? Hmm...Ntahlah, gw rasa lebih baik mengisi sesuatu yang udah jelas-jelas udah ada buat liburan ini daripada buat rencana yang muluk-muluk yang biasanya cuman jadi wacana.
Jadi, pertama kali sampai Bogor sekitar pukul 12.00 WIB, ekspektasi gw Bogor ini lagi hujan gerimis-gerimis awet, tapi ternyata cuaca sedang panas, terik, lalin sekitar stasiun KA Bogor ramai, yaah...kecewa lah intinya. Yang bikin gw seneng cmn gw bisa menemukan angkot dengan mudah untuk tujuan gw selanjutnya : Makan Nasi Timbel. Yap, jadi ini lho nasi timbel favorit gw : Nasi Timbel M11, letaknya di sebelah gedung pascasarjana IPB, mungkin yang penasaran bisa googling. Setelah menikmati kuliner khas Sunda terebut, saya langsung pulang ke rumah. Dan liburan pun dimulai....

Gowes! Kegiatan yang rutin gw lakukan sendiri setiap pulang ke Bogor, nah kalau main sepeda sama temen mungkin cmn bisa sekali setahun. Akhirnya setelah sekian lamanya bisa berpetualang lagi ke daerah antah berantah sekitar Bogor. Tujuan gowes kali ini ke Bale Embrio, suatu tempat di daerah Cipaku. Treknya cukup familiar karena setengah perjalanannya udah 2x lewat trek yg sama sekitar 2 tahun yang lalu, tempat foto-foto, tempat ngaso-ngaso, masih blm banyak berubah wkwk, baru mulai beda setelah agak jauh karena ke emang belum pernah ke Bale Embrio. Perjalanan kali ini termasuk jauh, ya setidaknya udah 2 tahun-an ga gowes sejauh ini. Dan akhirnya setelah sejauh itu, setinggi itu, dan kurang lebih 5 jam gowes kita ga menemukan tempat yg bernama Bale Embrio itu a.k.a nyasar, bukan karena kita yg kesasar, tp petanya yang salah. Akhirnya setelah didiskusiin, berhubung udah banyak view keren dan medan yg dilewatin, panas terik dan hujan, kita memutuskan buat turun aja ke Bogor, lupakan tentang Bale Embrio itu, gowes kali ini udah sangat oke dan melelahkan. Diperjalanan turun ke Bogor seperti biasa, shalat, istirahat, terus makan, dan pulang ke rumah masing-masing...dan liburan yang beneran liburan pun tinggal tersisa hitungan hari.




OSCE! Baru seminggu saya di Bogor, gw harus kembali ke Malang lagi buat ujian yang cuman 1 hari ini, Objective Structured Clinical Examination. Tentunya untuk menghemat biaya perjalanan gw naik KA Matarmaja lagi, bedanya kali ini gw sendiri. Perjalanan Bogor-Malang yang terhitung 18 jam itu memang melelahkan. Sesampainya di Malang, langsung ke kos. Istirahat, dan sisanya dipakai buat belajar sama temen-temen satu kost. Rasanya kalau nggak belajar sampe begadang tuh yah ga cukup, mungkin karena siangnya jg gw pake kebanyakan buat istirahat, jadi bljr sampe jam 10 malem ga cukup hehe. Dan akhirnya OSCE pun berakhir, tp gw belum bisa balik ke Bogor, kenapa?karena kali ini gw terlibat dalam sebuah acara nasional mahasiswa kedokteran yang bernama....


IMSS, Indonesian Medical Students’ Summit. Tahun 2015 ini yang menjadi tuan rumah Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, yang punya acara itu ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia), BAPIN (Badan Analisis dan Pengembangan Ilmiah Nasional), dan BPN (Badan Pers Nasional). Disini gw cmn jadi LO a.k.a Liaison Officer, yah cuman menjalankan tugas jadi LO aja, bantu-bantu panitia, sisa kegiatan dari IMSS nya gw ga terlibat, karena gw bukan pengurus ISMKI, BAPIN, ataupun BPN. Tapi setidaknya wkt itu gw dapet banyak kenalan dari universitas lain, cuman setelah gw sadari ya cmn kenalan saat itu aja, barangkali nnti di event selanjutnya kita masih saling ingatkah?hehe. Dan di akhir IMSS ini ada sesi jalan-jalan ke Bromo. Akhirnya gw memutuskan buat ikut supaya bisa full juga ngerasain IMSS, dan sekalian olahraga juga muncak ke Bromonya. Abis dari Bromo langsung balik ke Malang, memastikan semua delegasi gw pulang sesuai jadwal dan (InshaAllah) selamat, terus balik ke kost, beres-beres seadanya, langsung meluncur ke Stasiun KA Malang buat balik lagi ke Bogor dengan KA Matarmaja. Yap, will be another 18 hours journey. Tapi gw sudah biasa, dan ga selelah waktu pertama kali. Sesampainya di Bogor gw pun cuman istirahat, karena gw cmn di Bogor 2 hari aja, gw manfaatkan waktu sama keluarga, atau setidak-tidaknya menyediakan waktu buat gw sendiri, itu udah sangat merelax-kan diri. Karena setelah itu gw harus ke Bandung, eits, tepatnya Jatinangor untuk menghadiri sebuah event nasional juga yaitu...

Bersama delegasi saya dari salah satu universitas

Bromo lagi, lagi, dan lagi :D
NLS, National Leadership Summit 2015 CIMSA (Center for Indonesian Medical Students Activities). Tahun ini tuan rumahnya Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. Jujur ini pertama kalinya gw ikut acara nasionalnya CIMSA, dan gw ikut pun cuman pengen bersenang-senang sama temen2 kuliah yg juga berangkat ke NLS ini, terus kebetulan deket juga dari Bogor tempatnya, ya mungkin sekaligus mengisi liburan dan pastinya ada manfaatnya juga. Tapi jujur kesan pertama gw dtg ke acara CIMSA seru bgt, parah parah seru bgt, dan gw yakin acara CIMSA lainnya jg emang seru-seru dan bermanfaat. Pokoknya asyik banget main sama delegasi dari MSCIA UB (Medical Students’ Committee for International Affair), kenalan sama banyak delegasi CIMSA dari lokal (universitas) lain, small working group, performance, project fair, training, foods, sleeps, laughs, jokes. Haha, benar-benar penutup liburan yang berkesan pokoknya, thanks to NLS 2015 held by CIMSA Unpad. Walaupun gw mungkin bkn org yg aktif di CIMSA (bahkan baru tau acara nasionalnya gmn aja kmrn), dan di MSCIA pun cuman member biasa aja, but I am really looking forward to attend next CIMSA’s national event and having so much fun with delegates from MSCIA UB and other CIMSA’s locals :) Kalaupun ga bisa dateng di acara2 CIMSA dlm wkt dekat ini, setidaknya gw pengen nyobain lagi dateng ke acara nasional CIMSA sebelum koass !
Dan setelah NLS pun gw langsung balik lagi ke Malang buat karena kuliah semester 4 pun udah dimulai. Ya Allah, rasanya baru aja kmrn gw nulis postingan ttg “Semester 3”, dan bahkan sekarang saat semester 4 udah di depan mata aja gw belum sempat menuliskan ttg refleksi&rencana gw (halah) buat semester 4. 

COMMUNITY DEVELOPMENT CORNER BY MSCIA UB
Yang jelas, dari semester 3 kemaren, gw ngerasa blm ngelakuin apa-apa dan belum mencapai apa-apa. Setelah gw pikir-pikir, semester 3 kemaren sepertinya gw terlalu menutup diri, gw gak berminat ikut kegiatan apa-apa, walaupun memang sebenernya gw udah hampir ga punya minat buat ikut kegiatan-kegiatan yang sepertinya kurang mendukung buat perkuliahan gw. Ya, bagi gw kuliah no. 1, dan gw gamau kalau fokus gw buat kuliah teralihkan buat yg lain. Gw tau kuliah, atau sekolah harus di nomor satu kan, tp gw takut apa yg gw lakukan justru tanpa disadari menggeser prioritas itu. Atau mungkin, sebenernya gw gatau apa yg hrs gw lakukan, karena sejauh ini cuman menunggu dan menunggu berharap ada suatu tawaran buat gw melakukan sesuatu yg sesuai dengan minat gw. Tapi selama gw menutup diri, gw sadar, gw ga dapat apa2. 

Gw pikir, dengan gw lebih menyibukkan diri dengan apapun itu, gw bisa dapet lebih banyak secara ga langsung, setidaknya relasi, ide, inovasi, dsb. Walaupun hanya itu, tapi gw rasa itu lebih “mendekatkan” gw dengan hal-hal yang gw mau, dan gw g boleh berhenti disitu aja kalau emang ada yang mau dicapai. Makanya, semester 4 ini, I’ll try to be more open-minded, gw bakal lebih mengisi waktu-waktu gw dengan kegiatan yg sekiranya bermanfaat, walaupun ga semuanya sesuai minat. Itu lebih baik daripada gw ga ngelakuin apa-apa. Kalaupun rasanya emang ga bermanfaat, semoga itu bisa bermanfaat di lain hari, buat lingkungan, dan orang-orang sekitar gw.
Dan pastinya dari banyak sekali hal yang ditawarkan oleh kehidupan perkuliahan, tetap berdoa semoga selalu disibukkan dengan hal-hal yang tepat dan bermanfaat. 

Hidup Mahasiswa !

Sekian.

No comments: